Pengantar Redaksi Januari 2015

Tinggalkan komentar

21 Januari 2015 oleh Mr. Eno

Salam Redaksi

“Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Sepanjang tahun 2014 yang lalu, telah terjadi berbagai kasus kejahatan yang sempat menguras perhatian khalayak ramai, baik itu kejahatan yang terjadi di luar negeri atau di negeri sendiri.

Di luar negeri, kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh sekelompok geng kriminal sadis bersenjata di Irak-Syria, ISIS, masih menjadi subyek utama pemberitaan. Gerombolan teroris yang memiliki tampilan khas penutup muka serta bersenjatakan senapan serbu itu telah merenggut banyak sekali nyawa tidak berdosa.

Selain ISIS, ada satu lagi tindak kejahatan yang harus mendapat sorotan publik, yakni pemerkosaan. Bukan pemerkosaan biasa, di India, kasus ini bak sebuah gelombang lautan yang menyapu seluruh negeri. Sejak kasus pemerkosaan yang dibarengi dengan kekerasan yang menimpa seorang mahasiswi magang didalam bis, maka seperti efek domino, kasus-kasus serupa terkuak. Sang korban akhirnya tewas mengenaskan. Walau begitu, ternyata gelombang kasus pemerkosaan ini bukannya mereda, melainkan malah  menjadi-jadi.

Situs Hitam sebagai pihak yang aktif mengamati dunia kejahatan tetapi bukan bagian dari kejahatan, merasa perlu untuk mengangkat isu dan berbagai fakta seputar pelecehan seksual yang terjadi di India. Diperkirakan, kasus ini menimpa jutaan wanita, terutama mereka yang berkasta rendah.

Sistem kasta memang tidak mudah dihancurkan. Warisan usang dunia kuno itu seakan-akan justru dibela dan dipertahankan oleh berbagai pihak. Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang utama mengakarnya budaya perkosaan di masyarakat akar rumput India. Bukan hanya di semak-semak di belantara hutan atau ladang, kasus perkosaan juga merebak di tengah kota, ambil contoh New Delhi.

Melihat fakta itu, maka Situs Hitam dengan tegas menyatakan bahwasanya sistem kasta yang adalah akar dari kejahatan, juga adalah sebuah kejahatan dan harus segera diakhiri. Tetapi, kapan itu semua terjadi, sedang di lain pihak, barisan aparat korup, politikus oportunis, hingga kelompok yang menyaru sebagai pembela agama mati-matian mempertahankannya?

Akankah fenomena pemerkosaan ini menurun di tahun 2015? Atau sebaliknya, semakin menggila? Hanya waktu yang bisa menjawab. Sementara itu, mari kita sebagai sesama manusia menajamkan pisau analisa dan membuat rantai solidaritas agar fenomena perkosaan brutal yang sudah akut ini jangan menular ke negeri kita. Apalagi sebenarnya kitapun memiliki berbagai pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, termasuk misi besar yang diusung pemerintah: Melawan mafia narkoba.

Akhir kata, Situs Hitam mengucapkan:

Selamat Menapaki Tahun 2015

Dan jangan sampai di tahun ini, nama anda masuk dalam sorotan kami, karena menjadi bagian dari kejahatan.

 

Mr. Eno

Founder Situs Hitam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Statistik Blog

  • 9.639 hit
%d blogger menyukai ini: