India : Surga Para Pemerkosa

4

20 Januari 2015 oleh Mr. Eno

Pemerkosaan di India yang sering menimpa wanita dari kasta rendah

Pemerkosaan di India yang sering menimpa wanita dari kasta rendah

India, sebuah negeri tua dengan sejuta budaya mempesona, kini mendapat julukan baru: surganya pemerkosa. Sebuah julukan yang memang lebih mirip seperti olok-olok, tetapi seperti kata pepatah, tidak ada asap tanpa ada api. Negara bekas jajahan Inggris itu benar-benar sedang di sorot dunia, terutama dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. Bagaimana tidak, di negeri itu, jumlah kasus perkosaan hingga 2014 kemarin, semakin lama semakin membludak. Modusnya juga semakin brutal. Sedang penanganannya jauh dari harapan.

National Crime Record Bureau mengatakan bahwa setiap 22 menit, seorang wanita diperkosa. Lebih horror lagi, masih menurut data yang sama, setiap 76 menit seorang anak diperkosa. ‘Hebatnya’, hanya satu dari empat pelaku yang diajukan ke pengadilan. Itupun belum tentu si-‘satu’ tersebut menerima hukuman yang sepantasnya.

Sebagai sebuah negara dengan wilayah yang sangat luas, ternyata kasus perkosaan menjadi kasus yang terjadi merata hampir di semua negara bagian. Walau begitu ada beberapa kota dan negara bagian yang memiliki tingkat pemerkosaan yang maha gawat, hingga melampaui tingkat pemerkosaan nasional di negara lain.

Salah satu kota dengan tingkat pemerkosaan yang cukup memprihatinkan justru ada di New Delhi, yang notabene adalah ibukota negara. Di kota inilah terjadi suatu episode horor perkosaan paling mengerikan dalam dekade ini. Seorang mahasiswi magang jurusan fisioterapi diperkosa massal secara membabi-buta. Tidak hanya dicabuli, dia juga menjadi korban kekerasan yang mengenaskan. Akibatnya, nasib wanita calon dokter itu harus berakhir. Dia menghembuskan nafas terakhir di Singapura, tempat dia dirawat sebelum sampai meninggal. Tetapi ternyata kasus perkosaan sampai mati tidak hanya berhenti di situ.

Sebelum menceritakan mengenai berbagai kasus lainnya, perlu diketahui bahwa New Delhi adalah salah satu ibukota negara paling berbahaya di dunia. Di kota ini terjadi kasus perkosaan setiap 18 jam. Perlu diketahui pula, bukan hanya wanita dengan latar belakang pendidikan yang rendah yang terancam, bahkan wanita karir dan mahasiswi pun menjadi target mangsa dari para pria cabul ini.

Di New Delhi, jumlah  kasus pemerkosaan meningkat pada tahun 2013 adalah 706 kasus. Itupun diyakini belum semua kasus yang ada di lapangan. Tetapi, sebagai gambaran, dengan data diatas, menjadikan kasus perkosaan sebagai kasus kriminalitas terbesar di ibukota negeri Mahabarata itu.

Kota kedua di India dengan tingkat kasus perkosaan terbanyak adalah Mumbai, dengan 391 kasus, lalu Jaipur dengan 192 kasus dan kemudian Pune dengan 171 kasus. Keempat kota itu benar-benar tidak disarankan oleh beberapa negara kepada warganya masing-masing. Jelas, ini kemudian memukul dengan telak industri pariwisata negeri Gangga itu.

Sementara itu, untuk rekor kasus perkosaan di tingkat negara bagian pada tahun 2013, dipegang oleh Madhya Pradesh. Di negara bagian yang satu ini, ada total 4.335 kasus, atau dengan kata lain ada 11 wanita diperkosa setiap harinya. Sedangkan di urutan kedua, adalah Rajashtan dan Maharashtra masing-masing dengan 3.285 dan 3.063 kasus perkosaan.

Di urutan keempat, ada negara bagian Uttar Pradesh dengan 3.050 kasus perkosaan. Walau berada di urutan keempat pada tahun 2013, tetapi setahun kemudian, yakni pada tahun 2014 negara bagian ini menjadi sorotan. Hal ini tidak lain karena ada sederetan kasus di tahun 2014 kemarin yang tergolong sadis. Pertama adalah kasus dua orang remaja putri yang diperkosa rame-rame lalu di gantung mayatnya. Awalnya polisi tidak mau mengurus kasus ini hanya karena korban berasal dari kasta yang rendah, yakni Dalit. (Baca artikel : setelah diperkosa, dibunuh, lalu mayatnya digantung di pohon mangga)

Kedua, terjadi kasus perkosaan di kantor polisi. Sebuah fakta yang makin mengokohkan India dan Uttar Pradesh sebagai negara dan negara bagian yang sangat tidak ramah dan aman bagi wanita. (Baca artikel: diperkosa rame-rame oleh pak polisi di kantor polisi)

Di negara bagian ini, menurut hasil penelitian People’s Union for Civil Liberties, 85 persen korban adalah anak-anak gadis, dan mereka berasal dari kasta Dalit, yakni kasta paling rendah di wilayah itu.

Uttar Pradesh memang kaya akan potensi permasalahan. Puluhan juta orang hidup dalam kemiskinan, dengan pendapatan di bawah satu dolar sehari. Selain benar-benar merupakan wilayah melarat, negara bagian yang terletak di perbatasan India-Nepal ini juga sering dikenal publik sebagai sarang kriminalitas terorganisir serta tempat dengan penindasan paling ganas bagi mereka yang berlatar-belakang kasta Dalit.

Secara nasional, kasus perkosaan di tahun 2014 meningkat 34% dibanding dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2013 ada 1.571 kasus. Sedangkan menurut data terbaru di tahun 2014, kasus memilukan ini meningkat menjadi 2.069 kasus.

Aksi keprihatinan atas kasus perkosaan yang makin marak di India

Aksi keprihatinan atas kasus perkosaan yang makin marak di India

Ada fakta yang menarik sekaligus menyedihkan. Mayoritas korban ternyata mengenal pelaku. Angka ini sangat besar, mencapai 94 persen. Para pelaku kebanyakan adalah keluarga korban, tetangga, teman, ataupun kekasih mereka. Walau begitu ada juga kasus dimana pelaku benar-benar tidak mengenal korban sebelumnya.

Ternyata tidak hanya wanita lokal, para pemerkosa di India ini juga doyan bule. Di awal tahun ini, seorang bule Jepang berhasil meloloskan diri dari sekapan beberapa pria yang menjadikannya budak seks selama lebih dari tiga minggu. Mereka menyekapnya dan memperkosanya, setelah sebelumnya menculiknya di sebuah tempat wisata terkenal di India. Ia lolos dan kemudian di selamatkan oleh rombongan wisatawan Jepang lainnya. Di tahun 2013, bule Swiss dan wisatawati Denmark juga pernah menjadi korban.

Bersambung

(Ikuti seri selanjutnya yang berjudul derita Wanita India Berkasta Rendah)

Sumber :

www.kompas.com

www.tempo.co

www.de.dw.com

www.baranews.com

www.simomot.com

www.wikipedia.com

www.kabar24.com

www.cnnIndonesia.com

www.VOAIndonesia.com

www.liputan6.com

www.voxpopulindo.com

4 thoughts on “India : Surga Para Pemerkosa

  1. argan setiawan berkata:

    mereka gk bayangin apa lho yg digituin saudaranya

    Suka

  2. Goran Barbarian berkata:

    Wuih, harus ke sana nih

    Suka

  3. Nenk Melly berkata:

    Ga bakalan dweh ke India

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Statistik Blog

  • 9.639 hit
%d blogger menyukai ini: